[Kelas] Konsistensi Dalam Menulis Blog Untuk Pemula

[Kelas] Konsistensi Dalam Menulis Blog Untuk Pemula

Oleh            : Nur Irawan

Moderator : Mbak Cinta

 

Assalamu’alaikum wr.wb

Materi kali ini, seperti yang sudah di sepakati bersama yaitu membahas tentang konsistensi menulis bagi bloger pemula. Saya, Anda, dan kalian semua pasti pernah merasakan menjadi pemula di dunia blog. Istilah kerennya adalah newbie (pendatang baru dalam suatu komunitas).

Sebagai pemula di dunia bloger, konsistensi menulis itu sangat penting untuk kelangsungan kegiatan ngeblog kita. Tidak hanya bagi pemula saja, profesional pun harus menjaga konsistensinya dalam update web blognya.

Nah maka dari itu, perlu kita ketahui bagaimana caranya agar kita bisa tetap konsisten dalam menulis. Sedikit banyak, saya juga pernah menjadi pemula di awal-awal membuat blog. Saya juga mengalami kesulitan di saat awal tersebut. Jadi saya tahu apa saja masalah-masalah yang seringkali terjadi bagi bloger pemula terutama tentang konsistensi.

Masalah-masalah tersebut seperti:

  1. Susahnya mencari ide/gagasan untuk membuat sebuah artikel.
  2. Terbenturnya waktu ngeblog dan kesibukan dunia nyata.
  3. Blog sepi dan hasrat menulis menurun
  4. Hingga akhirnya Malas untuk Ngeblog

Cukup banyak blogger pemula yang memutuskan untuk tidak ngeblog lagi gegara 4 masalah tersebut. Ada juga yang memutuskan hiatus untuk rentang waktu yang tidak diperkirakan untuk kembali, mungkin bisa jadi selamanya.

Terus bagaimana cara agar konsistensi menulis ini tetap terjaga? Berikut cara yang pernah saya coba dalam melatih konsistensi dalam menulis:

1. Cari tahu visi dan misi Anda Ngeblog

Untuk menjadi blogger yang konsisten dalam menulis, Anda harus menentukan tujuan Anda ngeblog itu untuk apa?

Menjadi blogger yang mempunyai pundi-pundi uang, atau blog yang mempunyai ribuan traffict per hari atau hanya sekedar ikut eksis dalam meramaikan dunia perblogeran.

Apapun tujuannya, harus ada visi dan misi yang jelas agar tetap bertahan. Dengan adanya visi dan misi tersebut, Anda akan mempunyai alasan kuat untuk terus berkarya dalam menulis di blog ini

2. Cari tau waktu yang tepat untuk meluangkan waktu di blog sekiranya tidak menganggu aktivitas dunia nyata.

Ini hal tersulit.

Ngeblog yang kita hanya anggap sebagai sampingan atau sekedar mengisi waktu luang. Pasti akan lebih mudah untuk dikorbankan. Dan itu tidak salah.

Banyak blogger yang mengatakan bahwa mereka bermasalah dengan terbenturnya waktu  antara ngeblog dan dunia nyata.

Jadi sebagai bloger yang baik. Kita harus membuat jadwal rutin untuk menulis. Tidak perlu tiap hari, jika dalam seminggu hanya bisa meluangkan satu hari saja, maka luangkan satu hari itu untuk menulis secara istiqomah. Lambat laun kita akan bisa memanage  waktu dengan sendirinya

3. Latihlah menulis tiap hari

Beginning is difficult. Semua akan sulit jika kita baru pertama kali mencobanya. Menulis juga sama, butuh latihan terus menerus.

Tips untuk menjadi penulis Cuma ada 3 hal, yaitu menulis, menulis dan menulis. Tidak ada trik khusus untuk bisa lancar menulis, kecuali dengan belajar menulis itu sendiri.

4. Nikmati setiap moment yang terjadi

Dalam hal ini, saya mencoba menjelaskan masalah-masalah yang sering terjadi bagi bloger pemula. Terutama poin 3 dan 4, yaitu tentang traffick blog yang sepi dan malas.

Setiap pemula, pasti akan sangat antusias di awal-awal membuat blog. Setiap hari mencoba membuat artikel yang menarik. Tapi, bagaimana setelah beberapa minggu atau beberapa bulan, kunjungan ke blognya tidak begitu banyak, bahkan sangat sepi. Tentu hal ini akan menyusutkan gairah ngeblog yang sejak awal membara.

Yang tadinya sangat semangat, kemudian kehilangan gairah untuk menulis gegara tidak ada penyemangat berupa kunjungan yang kurang signifikan.

Dan dari situ, kita mulai malas untuk update isi blog lagi, atau bahkan kita bisa melupakan pernah punya blog. Untuk mengatasi hal ini, perlu kita ingat kembali bagaimana visi dan misi kita sejak awal membuat blog. Dari mengingat itu, InsyaAllah kita akan bisa mengatasi dan melawan rasa malas.

[*]

Kesimpulannya :

  • Untuk belajar konsisten ngeblog bagi pemula adalah dengan menentukan terlebih dahulu visi-misi dan tujuan ngeblog itu sendiri.
    Visi-misi dan tujuan itu lah yang bisa menjadi motif atau alasan untuk bisa konsisten menerbitkan tulisan dalam blog. Dan yang paling utama, konsistensi adalah berbicara mengenai “mempertahankan kelangsungan blog”.
    Jadi, selain ditekankan pada soal visi-misi dan tujuan, kegiatan menulis itu sendiri lah yang sangat penting
  • Agar tulisan berkualitas, rajin-rajin lah menulis, membaca dan mengamati tulisan orang lain. Pengalaman itu akan membentuk mental self maintenance sehingga dengan sendirinya.
    Kita bisa meningkatkan rasa percaya diri atas “kesalahan-kesalahan” menulis yang dulu kita lakukan sekaligus momentum untuk umpan achievement menulis yang lebih besar di masa mendatang.
  • Adapun faktor-faktor lain yang berpengaruh, seperti SEO dan statistik blog seyogianya hal yang juga diperhatikan dalam mengembangkan aktivitas ngeblog.

Terima kasih

***

Tulisan ini adalah hasil kelas online yang diadakan oleh komunitas Obrolin pada Senin malam, 14 Mei 2017, pukul 22.000-22.00 WIB.

 

Advertisements

8 thoughts on “[Kelas] Konsistensi Dalam Menulis Blog Untuk Pemula

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s