10 Tempat Wisata Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Kabupaten Pasuruan

10 lokasi

Kabupaten Pasuruan memiliki lokasi yang sangat strategis serta dikenal sebagai daerah perindustrian, pertanian, dan tujuan wisata. Kabupaten Pasuruan berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Laut Jawa di utara, Kabupaten Probolinggo di timur, Kabupaten Malang di selatan, Kota Batu di barat daya, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Sedangkan Kota Pasuruan terletak 60 km sebelah tenggara Surabaya.

Pasuruan merupakan sebuah daerah yang mempunyai tempat wisata dengan pemandangan sangat indah. Jika Anda tidak sengaja terdampar di Kabupaten Pasuruan, tempat wisata berikut ini yang akan membuat Anda merasa beruntung telah terdampar di sini.

Berikut 10 daftar wisata terbaik yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Pasuruan.

  1. The Taman Dayu

Taman Dayu merupakan lokasi resor dan pusat bisnis yang terletak di Kecamatan Pandaan. Bagi Anda yang hendak berlibur ke Kota Malang dari arah Surabaya, kawasan Taman Dayu berada di sebelah kanan jalan setelah keluar dari gerbang tol baru Gempol-Pandaan.

Taman Dayu merupakan area wisata favorit yang menarik dan memiliki pemandangan eksotis. Terdapat banyak tempat indah dengan berbagai macam fasilitas rekreasi yang disediakan. Terkadang Taman Dayu dijadikan tempat pemotretan dan foto pre-wedding.

Kuliner dan Outbond

Sejak memasuki wilayah Taman Dayu, Anda akan berhadapan dengan ruko-ruko yang menyediakan suvenir dan kuliner menarik. Beberapa di antaranya adalah Wapo Resto, Food Veranda, The Orchard, dan Food Terrace. Di sini juga terdapat fasilitas outbond dan aneka permainan untuk anak-anak.

Waterpark

Terdapat tiga jenis kolam renang yaitu kolam anak, kolam permainan, dan kolam untuk seluncuran. Kolam anak yang dangkal dikhususkan untuk anak-anak kecil. Sedangkan kedua kolam yang lain kedalamannya bisa mencapai 3-5 meter. Selain itu juga terdapat seluncuran dengan ban dari ketinggian yang sangat seru untuk dicoba.

1a. Waterpark taman dayu - sumber thetamandayu
thetamandayu.com

Rumah Pohon (The Pines)

Berkemah di ketinggian tiga meter dari atas tanah merupakan fasilitas yang disediakan di sini. Sebuah rumah kayu berukuran sekitar 6×4 meter yang dibangun di atas pohon-pohon pinus.

1b. The pines - source thetamandayu
thetamandayu.com
  1. Taman Safari 2

Taman Safari Indonesia 2 adalah salah satu tujuan wisata di Pasuruan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Taman safari ini juga merupakan taman safari terluas se-Asia Tenggara.

2. taman safari - safariprigen
safariprigen.com

Suasananya yang berhawa sejuk karena berada pada ketinggian sekitar 800 meter dpl, pastinya akan membuat wisatawan merasa nyaman dan ingin berlama-lama ketika berkunjung. Berbagai hewan mamalia yang berada di taman safari ini antara lain ada singa, harimau, gajah, banteng, zebra, beruang, orang utan, lumba-lumba, dan sebagainya. Anda juga bisa mengelilingi hutan satwa dengan fasilitas bus yang sudah disediakan. Terdapat pula wahana permainan anak-anak yang sangat menarik untuk dicoba.

  1. Kebun Raya Purwodadi

Wisata kebun raya ini terletak di KM 65 Kecamatan Purwodadi. Terdapat aneka koleksi tanaman yang tumbuh di dalam Kebun Raya Purwodadi, mencapai 10.000 jenis tumbuhan di antaranya adalah 157 jenis polong-polongan, 319 jenis anggrek, 30 jenis bambu, 60 jenis tanaman paku, 1.896 palem (arecaceae), dan sebagainya.

Camera 360
krpurwodadi.go.id

Sangat cocok untuk berwisata dengan tema piknik di alam terbuka bersama keluarga. Kebun raya ini sering sekali dijadikan tempat pemotretan pre-wedding karena pemandangannya yang indah. Selain itu, disediakan fasilitas tambahan seperti kereta kelinci, sepeda dan inline skate untuk mengelilingi area Kebun Raya Purwodadi.

  1. SayGon Waterpark

SayGon Waterpark merupakan sebuah kawasan rekreasi dengan luas mencapai 12 hektare, yang menyajikan wahana air dengan berbagai fasilitas menarik. Letak SayGon ini berada di desa Sengon Kecamatan Purwosari.

4.saygon
saygonwaterpark.com

Terdapat berbagai macam wahana, seperti water slide, kolam ombak, dan juga kolam olimpic yang digunakan untuk lomba, serta terdapat tribun penonton yang nyaman.

Selain permainan air, Anda bisa melihat cock-pit pesawat Boeing 733 yang berada di tengah-tengah pemandian tersebut. Ada juga bioskop dengan efek 6D yang semakin membuat betah berlama-lama di SayGon ini.

  1. Wisata Petik Kurma

Tak perlu jauh-jauh ke Saudi untuk bisa merasakan memetik buah kurma, kini telah hadir wisata petik kurma di Kabupaten Pasuruan. Wisata petik kurma tanah tandus seluas 3,7 hektare milik Alm. HN Roeslan, kini telah disulap menjadi sebuah obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

5. petik kurma - viva.co.id
viva.co.id

Terdapat sekitar 400 pohon kurma, sebuah miniatur Ka’bah dan jalan setapak Shafa dan Marwah yang masih dalam tahap pengembangan menjadikan sebuah nuansa seperti berada di Arab sana.

  1. Agrowisata Bhakti Alam

Wisata yang terletak di Kecamatan Tutur merupakan wahana wisata buah yang berdiri di atas lahan seluas 300 hektare. Terdapat sekitar 15 jenis buah-buahan yang tumbuh dengan subur di antaranya adalah durian, mangga, klengkeng, naga, jeruk, semangka, melon, dan sebagainya. Terdapat juga kereta kelinci yang disediakan untuk menemani Anda mengelilingi agrowisata ini.

6. bhakti-alam - penginapan.net
penginapan.net
  1. Pemandian Alam Banyu Biru

Wisata pemandian alam Banyu Biru terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan. Pemandian alami dengan luas sekitar 15×7 meter ini merupakan destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

7. banyu biru - youtube
youtube.com

Pemandangan di Banyu Biru masih sangat alami,Β  dengan sumber mata air yang sangat segar. Banyak mitos yang menyebutkan bahwa mandi di pemandian Banyu Biru dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

  1. Danau Ranu Grati

Danau yang berlokasi di Desa Sumberdawesari Kecamatan Grati ini sangat menarik untuk dikunjungi terutama saat menjelang Magrib. Danau Ranu terkenal dengan pemandangan matahari tenggelam yang eksotis.

8. Danau-Ranu- indonesia.co.id
indonesia.co.id

Anda bisa merasakan embusan semilir angin dan berbagai fasilitas seperti becak air dan sepeda air sembari menikmati indahnya pemandangan sore yang menenangkan.

  1. River Tubing Rekesan

Memanfaatkan kali rekesan Kecamatan Prigen, kini tempat tersebut dikenal sebagai destinasi wisata baru dengan olahraga ekstrem menyusuri sungai seperti rafting.

09. river tubung - imgrum.me
imgrum.me

Wisata River Tubing Rekesan terletak di daerah pegunungan dan baru dibuka untuk umum. Memiliki rute cukup panjang, sekitar 250 meter. Di sebelah kanan dan kiri sungai terdapat bebatuan besar yang membuat tubing di sini semakin seru dan menarik. Ditambah embusan angin yang sejuk serta air jernih, memberi kesan nyaman berlebih untuk berlama-lama di tempat wisata tersebut.

  1. Arung Jeram Baung

Taman Wisata Alam Gunung Baung terletak di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari. Letaknya berdekatan dengan wisata Kebun Raya Purwodadi. Kawasan Gunung Baung memiliki hutan tropis dataran rendah yang menyimpan keanekaragaman tumbuhan yang masih sangat alami. Selain itu, terdapat air terjun Coban Baung dengan ketinggian kurang lebih 100 meter.

10. Rafting baung - outboundingindonesia
outboundingindonesia.com

Fun Rafting dan River Board bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan di sini. Perjalanan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu karet dengan dilengkapi helm, dayung dan peralatan standar lainnya akan membuat Anda ketagihan berlibur di sini.

Jadi, Anda pernah mengunjungi tempat nomor berapa?

Advertisements

32 thoughts on “10 Tempat Wisata Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Kabupaten Pasuruan

  1. Bnyak pilihannya, semua bagus2 sih…tp sy pnsran dg yang nomer 5 dan 6.
    Saya blm prnh melihat lngsung pohon kurma soalnya, πŸ˜‚πŸ˜‚
    Juga suka menikmati buah2an lainnya, aplg klau mlihatnya tumbuh subur, beraneka ragam tp berdampingan, kyaknya seru bnget tu…

    Liked by 1 person

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s