Selayang Pandang Liga Champions 2017/2018

UEFA Champions League, atau di Indonesia biasa disebut dengan Liga Champions Eropa adalah sebuah kompetisi antar klub sepakbola paling prestisius di Eropa, bahkan dunia. Turnamen ini diselenggarakan setiap tahun oleh UEFA (Union of European Football Associations) dengan diikuti oleh 32 klub juara, runner-up, serta klub yang memiliki nilai koefisien liga tertinggi dari kompetisi di negara masing-masing.

Memilih lokasi di Monako, yang merupakan salah satu negara terkecil di dunia dan memiliki bendera sangat mirip dengan Indonesia, undian babak penyisihan grup Liga Champions Eropa untuk musim 2017/2018 telah selesai dilaksanakan pada Kamis, 24 Agustus 2017. Babak ini akan membagi 32 klub peserta ke dalam 8 grup dengan menggunakan sistem unggulan dan disertai syarat bahwa klub dari negara yang sama tidak boleh berada dalam satu grup.

Pada acara yang membuat seluruh klub peserta deg-degan tersebut, legenda klub AS Roma penerima penghargaan UEFA President’s Award 2017 Francesco Totti ditunjuk UEFA bersama dengan mantan kapten tim nasional Ukraina Andriy Shevchenko untuk mengambil bola undian. Dan hasil undian babak grup tersebut adalah sebagai berikut :

GROUP STAGE
sumber : UEFA.com

Grup A
Manchester United yang mendapatkan tiket ke babak grup Liga Champions Eropa melalui jalur juara Liga Europa (kompetisi kasta kedua di Eropa) musim lalu harus menghadapi juara liga Portugal SL Benfica, serta klub langganan turnamen seperti FC Basel dari Swiss dan CSKA Moskow dari Rusia untuk bisa merebut satu dari dua tiket lolos ke babak selanjutnya yang tersedia di grup ini.

Grup B
Juara liga Jerman Bayern München dengan sederet pemain bintangnya dan Paris Saint-Germain atau PSG runner-up liga Perancis dengan investasi pemain termahal dunia Neymar Jr. sepertinya tidak akan terlalu sulit untuk berada di peringkat 1 atau 2 sebagai syarat lolos ke babak selanjutnya. Namun klub asal Belgia Anderlecht, maupun Glasgow Celtic dari Skotlandia, dengan kumpulan para punggawa muda berbakat yang cukup potensial tidak akan menyerah semudah itu.

Grup C
Juara liga Inggris Chelsea, kuda hitam liga Spanyol Atlético Madrid, dan runner-up liga Italia AS Roma adalah kesebelasan yang selalu bisa bermain dengan level determinasi yang sangat tinggi. Dapat dipastikan pertandingan yang mempertemukan tiga klub ini akan menjadi sangat menarik. Namun ingat klub debutan asal Azerbaijan Qarabağ bisa saja mengganggu atau mungkin bahkan ‘merusak’ kesempatan lolos tiga klub tersebut.

Grup D
Juara liga Italia Juventus dan runner-up liga Spanyol Barcelona, seperti pertandingan reuni setelah perempat final musim lalu, di mana tidak sekalipun tiga kombinasi penyerang papan atas Barcelona sanggup mencetak gol ke gawang Juventus dalam dua kali pertemuan mereka. Situasinya tentu akan berbeda dengan hengkangnya para bintang di awal musim ini, ditambah dengan hadirnya klub asal Yunani dan Portugal, Olympiacos Piraeus dan Sporting CP yang pasti telah menyusun strategi paling jitu guna meredam dominasi dua klub raksasa Eropa tersebut.

Grup E
Juara liga Rusia Spartak Moskow, klub Spanyol Sevilla, klub Inggris Liverpool, dan klub Slovenia NK Maribor. Keempat klub ini memiliki peluang yang sama untuk lolos ke babak selanjutnya, walau tentu saja ‘mental Eropa’ Sevilla dan Liverpool lebih teruji.

Grup F
Manchester City sekilas tampak diuntungkan berada di grup ini. Bukan tanpa alasan, bergabungnya beberapa pemain mahal ditambah pelatih Pep Guardiola seakan memberi garansi untuk lolos ke babak selanjutnya. Namun juara liga Ukraina Shakhtar Donetsk, jawara Belanda Feyenoord Rotterdam, serta kuda hitam liga Italia Napoli tentu juga akan berjuang habis-habisan demi lolos ke babak selanjutnya.

Grup G
Mencetak rekor gol terbanyak klub saat menjuarai liga Perancis serta menembus semifinal turnamen ini musim lalu tentu membuat AS Monaco semakin penasaran. Namun mereka harus terlebih dahulu melewati hadangan klub runner-up liga Portugal FC Porto, klub juara liga Turki Beşiktaş, serta klub debutan yang mengejutkan dengan menjadi runner-up liga Jerman musim lalu, RB Leipzig.

Grup H
Dilihat dari sudut pandang manapun, Real Madrid tetap memiliki peluang paling besar untuk lolos ke babak selanjutnya dari grup ini. Sebagai juara bertahan yang juga berhasil menjadi juara di liga Spanyol musim lalu, ditambah dengan semakin solidnya kedalaman skuad Zinedine Zidane saat ini, sepertinya kuda hitam asal Jerman Borussia Dortmund, runner-up liga Inggris Tottenham Hotspurs, serta juara liga Republik Siprus APOEL Nicosia harus saling ‘bunuh’ hanya untuk menjadi pendamping Real Madrid lolos ke babak selanjutnya.

Babak penyisihan grup akan dimulai tanggal 12 September 2017, kemudian berlanjut ke babak gugur hingga pertandingan final yang akan dilaksanakan di NSK Olimpiyski Stadium di kota Kyiv, Ukraina pada tanggal 26 Mei 2018. Jadwal lengkap pertandingan babak penyisihan grup Liga Champions Eropa musim 2017/2018 dari UEFA dapat diunduh di sini.

Pada acara yang sama UEFA juga memberi penghargaan untuk para pemain terbaik yang telah mengeluarkan segala kemampuan dalam membawa klub mereka melangkah jauh di turnamen Liga Champions Eropa pada musim 2016/2017. Dan pemain terpilih tersebut adalah :

BEST POSITION
sumber : UEFA.com
  • Penjaga Gawang Terbaik : Gianluigi Buffon – Juventus
  • Pemain Belakang Terbaik : Sergio Ramos – Real Madrid
  • Pemain Tengah Terbaik : Luka Modric – Real madrid
  • Pemain Depan Terbaik : Cristiano Ronaldo – Real Madrid

Sesuai prediksi, pemain terbaik Liga Champions Eropa musim lalu akhirnya dianugerahkan kepada Cristiano Ronaldo, yang mampu tampil luar biasa dengan membawa Real Madrid mencipta sejarah back-to-back mengangkat trofi juara. Cristiano Ronaldo juga menjadi top scorer turnamen dengan koleksi 12 gol, dimana tambahan 2 gol terakhirnya dilesakkan ke gawang Juventus di pertandingan final.

BEST PLAYER
sumber : @RealMadrid
Advertisements

One thought on “Selayang Pandang Liga Champions 2017/2018

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s