Pantai Klayar Pacitan, Sphinx van Java

pantai klayar

Oleh : Kang Nur

Editor : Dea Rahma

Kabar gembira untuk para pecinta pantai, untuk yang suka nge-trip bareng geng motornya, untuk yang hobinya dolan, atau yang introver tapi suka dengan keramaian alam. Berkunjunglah ke Pacitan, di sana Anda akan mendapatkan apa yang Anda cari. Pacitan dengan Pantai Klayarnya merupakan surga yang jatuh ke dunia. Keindahan memukau, lukisan alam yang digores oleh pena-Nya sebagai karya sempurna, proses karang diukir, penataan pasir, serta dentuman ombak yang keras dan berisik, tapi asik.

Pacitan, merupakan kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek, dan selatan berbatasan dengan “Kerajaan Pantai Selatan” atau yang lebih tepatnya, Samudra Hindia.

Karena berbatasan dengan Samudra Hindia, maka berderet pantai-pantai di Pacitan, yang sudah diketahui maupun tersembunyi. Jumlah pantai yang sudah diketahui sekitar 20, sedangkan pantai yang masih tersembunyi diperkirakan masih banyak. Mengingat, keadaan alam Pacitan sebagian besar berupa hutan dan berbukit dengan akses perjalanan yang sangat sulit.

Lokasi Klayar di Google Maps

Salah satu pantai di Pacitan yang telah diketahui adalah Pantai Klayar (selanjutnya disebut ‘Klayar’). Setelah kecantikannya tersembunyi sekian lama, akhirnya terlihat juga dan menjadi rebutan.

Pantai yang berlokasi di Dusun Sendang, Desa Kalak, Kecamatan Donorojo ini memiliki akses jalan yang bagus jika melalui Kecamatan Punung. Setelah jalan dari Goa Gong ke arah Klayar diperlebar dan diperhalus dengan aspal hotmix, maka Klayar menjadi tujuan wisata utama di Pacitan. Karena, memang animo masyarakat untuk berkunjung sangat tinggi, meski sebelumnya akses menuju Klayar masih sulit.

Keunggulan Klayar adalah batu karangnya yang indah, terbentuk serupa patung Sphinx di Mesir. Itu sebabnya, Klayar dijuluki Sphinx van Java. Dan di balik karang Sphinx, juga tersimpan keunggulan lain yang dimiliki Klayar. Terdapat sebuah celah pada batu karang yang dapat mengeluarkan bunyi seperti seruling, disertai semburan laiknya air mancur bila diterpa ombak. Fenomena alam ini dinamakan “Seruling Samudra”.

sphinx van java

bergaya di dekat sphinx van java

Tapi sayang, kita tidak diperbolehkan mendekati lokasi ini. Karena ketika laut pasang, terkadang ada ombak yang tak terkira besarnya, hingga dapat menyapu tempat ini. Sebelumnya, jika laut sedang surut tidak ada larangan untuk selfie sepuasnya. Namun sekarang, kita hanya boleh melihat dari atas karang di sebelah utara Seruling Samudra.

seruling samudra tahun 2012

Pada bulan Desember—Januari, bila beruntung Anda dapat melihat sunrise dan sunset yang sangat indah. Dikatakan “bila beruntung” karena pada waktu tersebut, curah hujan di Pacitan mencapai puncaknya. Bisa-bisa, kita hanya dapat melihat awan mendung saja. Sunrise dan sunset bisa dilihat jika pada waktu tersebut, matahari melintas di garis lintang selatan terjauh.

Di Klayar, ada beberapa karang yang menjorok hingga ke tengah laut. Pagi hari, bila memandang ke timur dari atas karang tersebut, akan terlihat seolah Sang Surya muncul dari dalam laut. Dan sore hari, ketika memandang ke arah barat dari karang yang sama, kita akan melihat mentari seolah tenggelam di lautan.

Bagi yang ingin foto pre-wedding, Klayar tempat yang tepat. Banyak sekali spot pemandangan yang dapat kita pilih. Mau di atas karang, di atas pasir putih, atau menyatu dengan ombak yang menerjang, semua dapat membuat suasana di dalam foto begitu indah dan romantis. Untuk keamanan, disediakan pula pemandu foto pre-wedding dengan harga yang terjangkau.

pantai klayar (2)

Demi kenyamanan pengunjung, pengelola Klayar pun terus melakukan pembenahan. Di sana, tersedia deratan warung makan dengan harga terjangkau. Kelapa muda yang menyegarkan, menjadi sajian yang laik dinikmati setelah puas mengelilingi area pantai. Bagi yang tidak suka jalan kaki, ada ATV yang siap mengantar Anda berkeliling. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, juga disediakan tempat parkir yang cukup luas.

Selain itu, terdapat homestay dengan rentang harga yang sesuai dengan fasilitasnya. Anda ingin lokasi yang dekat atau jauh dari pantai, ada di sana. Hanya satu kelemahannya, masalah jaringan telepon dan internet. Ke depannya, diharapkan dapat lebih baik.

Jadi, tunggu apa lagi. Ayo segera rencanakan liburan Anda ke tanah Pacitan, khususnya Klayar, agar tidak terjadi gejala penyakit kurang piknik.

Advertisements

One thought on “Pantai Klayar Pacitan, Sphinx van Java

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s