Kelas : Mencari Ide Menulis

kelas-6b

Oleh : Bang Slamet

Kekuatan seorang manusia itu berupa sebuah ide. Karena kata Buya Hamka “Kalau hidup sekedar hidup, babi di hutan pun hidup. Kalau kerja sekedar bekerja, kera juga bekerja.” Maka dari itu, derajat berbeda antara manusia dan binatang terletak pada ide. Karena ide akan melahirkan keyakinan kemudian menggerakkan tindakan.

Kemudian, gimana caranya biar a head full of ideas ada pada setiap kita semua? Mirip lagunya Coldplay 🙂

Ibarat sebuah sistem termodinamika, otak kita itu bagaikan sebuah sistem terbuka. Dengan begitu berlakulah hukum Termodinamika :  pertama, E-in = E-out. Pun tentang ide, apapun itu termasuk ide menulis. Kunci utamanya adalah seberapa banyak informasi/ energi diluar sana yang kita serap setiap harinya.

Namun uniknya, tidak seperti sistem termodinamika yang kebanyakan statis. Otak kita tidak statis, melainkan dinamis. Otak senantiasa mengolah setiap infornasi yang ada. Lalu akan menyajikannya dalam bentuk berbeda. Disinilah lahir apa yang kita sebut sebagai pemikiran, ide atau gagasan.

Itulah mengapa kebanyakan filsuf itu multidisipliner ilmunya.

Lantas, apa yang perlu kita lakukan untuk menciptakan a head full of ideas sebagaimana yang telah dipaparkan tadi?

  1. Jangan pilih-pilih soal membaca

Karena waktu kita akan habis cuma untuk memilih. Macam jodohlah hehe. Jadi, lahap semua buku yang ada di depan mata. Itu yang terjadi dengan saya dulu.

  1. Do mind exercise

Ini semacam self-brainstorming. Mengkait-ngaitkan segala sesuatu yang di sekitar, bahkan yang imajiner sekalipun.

  1. Buat catatan

Ide kadang tidak lahir dari hasil olahan informasi otak kita, tapi boleh jadi berupa ‘barang jadi’ yang datang dari orang lain. Karena itu, saat kita menemukannya, segerakan catat.

  1. Perbanyak piknik

Piknik itu tidak sekedar bikin rileks pikiran, tapi juga bisa menumbuhkan gagasan baru. Itulah yang terjadi 6 bulan terakhir ini pada saya, kurang piknik = kurang nulis.

  1. Sosialisasi

Cara paling mudah untuk menemukan ide adalah dengan mengamati orang lain atau mengamati lingkungan.

  1. Cari komplemen yang tepat

Ini bisa berupa orang, benda atau kondisi lingkungan. Saya biasa menulis sambil dengerin lagu dan ngemil. Lingkungan juga bisa mempengaruhi, lho. Suasana tenang biasanya banyak orang sukai untk melancarkan kegiatan menulis.

Nah, sekian tips menciptakan kondisi a head full of ideas. Selamat menemukan ide! Sesungguhnya sang ide sedang berceceran di sembarang tempat. Bawalah ‘keranjang’ dan penuhi kepala kita dengannya. Happy writing!

 

**)Tulisan ini adalah hasil kelas online yang diadakan oleh komunitas Obrolin pada Minggu malam, 18 Juni 2017, pukul 20.00-23.000 WIB dengan moderator Kak Fikri. 

Advertisements

5 thoughts on “Kelas : Mencari Ide Menulis

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s